CONTOH PROPOSAL
Contoh Proposal
Banyak orang sekarang ini yang kebingungan dalam pembuatan proposal. baik dalam pekerjaan maupun hanya tudas sekolah semata. dengan ini saya akan menunjukkan contoh proposal usaha yang saya harap dapat membantu kalian dalam membuat proposal.
BAGIAN I
PENDAHULUAN
A.
Nama dan Alamat Perusahaan :
Nama : FOUR
FOOD
Alamat
Perusahaan : Jl. Anggrek 05, Jatisrono Utara
B. Nama dan Alamat Pemilik :
Nama :
Arinbrili Indahrani
Alamat Pemilik
: Jl. Sakura 22, Slogohimo Timur
C. Nama dan Alamat Penanggungjawab
:
Nama : Sukma
Widiasto
Alamat
Penanggungjawab : Wonogiri
D. Infomasi
Tentang Bisnis yang Dilaksanakan :
FOUR FOOD merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di bidang
makanan yaitu pembuatan kue (gorengan). Kegiatan usaha ini bertujuan untuk
melatih kemampuan siswa dalam bidang kewirausahaan.FOUR FOOD dibentuk oleh kami untuk berwirausaha dan
sebagai implementasi dari mata pelajaran kewirausahaan.
BAGIAN II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
RANGKUMAN EKSEKUTIF
FOUR FOOD adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang
produksi yang menyediakan berbagai macam makanan. Target pasar lebih kami dari
tingkat anak anak sampai orang dewasa. Dalam rencana pengembangan usaha, kami
bergerak lebih ke dunia maya. Kami melihat peluang yang lebih besar dari
penjualan online, dilihat dari banyaknya
pengguna gadget. Mereka dapat melihat produk kami dari mana saja dan
kapan saja, tanpa harus datang ketempat kami. Prospek pengembangan ini kami
optimis bisa meningkatkan penghasilan.
VISI
Dengan berlandaskan iman dan taqwa RIZKY ASSYFA FOOD menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
MISI
1. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan iptek yang kuat.
2. Memuaskan konsumen.
3. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
4. Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran siswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
VISI
Dengan berlandaskan iman dan taqwa RIZKY ASSYFA FOOD menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia.
MISI
1. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memiliki imtaq dan iptek yang kuat.
2. Memuaskan konsumen.
3. Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
4. Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran siswa dan masyarakat sekitar tempat produksi pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
BAGIAN III
ANALISIS
INDUSTRI
A.
Perpektif Masa Depan
Usaha
Dengan tetap menjaga putu dan
kualitas, kami yakin bahwa perusahaan kami ke depannya akan menjadi salah satu
perusahaan yang besar dan terkemuka. Melihat kondisi pasaran genting ini
semakin pesat dengan munculnya industri industri yang semakin maju, membuat
kami semakin bertantang untuk senantiasa meningkatkan kualitas.
Apabila ke depannya perusahaan kami
sudah mendapat konsumen dengan jumlah yang banyak, untuk lebih meningkatkan
hasil produk. Kami akan membuka anak perusahaan didaerah lain yang mempunyai perspektif
baik.
B.
Analisis Persaingan
Pesaing dalam dunia bisnis dapat
dielakkan. Seorang wirausaha akan maju apabila dia mau berusaha untuk bersaing.
Berkerja keras agar usaha yang digeluti menjadi terbaik diantara sekian banyak
para wirausaha.Guna menunjang hasil pesaing yang baik kami akan lebih selektif
dalam bekerja meliputi proses produksi dan pemasaran.
C.
Segmentasi Pasar yang
akan dimasuki
Segmentasi pasar sangat berpengaruh
terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus dipertimbangkan dan dipikirkan
dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari
pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan dan
mengakibatkan banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan. Maka dari itu
kami memilih lokasi yang sangat strategis. Hal utama yang kami perhatikan dan
lebih kami utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan perusahaan, kondisi
pesaing dalam pemasaran, reaksi para pesaing, reaksi para pesaing dan biaya promosi
atau iklan.
D.
Ramalan
Produk yang dihasilkan
Kami percaya ke
depannya dapat menjadi salah satu produk yang dinikmati oleh para konsumen
karena produk kami sangat prospektif bagi lingkungan pasar untuk ke depannya.
Dengan terus meningkatkan kualitas dan terus berinofasi menghasilkan produk
produk baru sesuai dengan kondisi pasar.
BAGIAN
IV
Deskripsi Usaha
A.
Produk
yang dihasilkan
Produk yang kami
hasilkan adalah produk makanan sejenis kue, yang telah kami olah memenuhi
prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas agar tetap bagus.
Sehungga konsumen akan puas dengan produk yang kami hasilkan karena konsumen
sangat bepengaruh bagi perkembangan perusahaan kami, apabila kepuasan konsumen
kurang maka itu akan berdampak negatif bagi penghasilan dan perkembangan
perusahaan.
B.
Jasa
Pelayanan
Kami sangat
mengerti kebutuhan para konsumen maka dari itu dalam perusahaan FOUR FOOD yang
kami dirikan kami tidak hanya satu menu tetapi kami menyediakan menu lain yang
berbeda-beda jenis dan rasanya, sehingga para konsumen tidak mudah bosan dengan
produk kami.
C.
Ruang
Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha
ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh
terhadap maju mundur perusahaan kami maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu
yang terbaik untuk konsumen.
D.
Personalia
dan Perlengkapan Kantor
Susunan kegiatan
personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada, namun dalam usaha kami susunan
kegiatan personalia masih dalam bentuk perusahaan sederhana yang masing masing
personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda.
Kami tidak
memerlukan peralatan perusahaan yang banyak untuk melalukan produksi dan
peralatan untuk pengolahan dan perrawatan tempat produksi.
E.
Latar
Belakang identitas pengusaha
Saya sebagai lulusan smk
pancasila 6 jatisrono jurusan multimedia yang ingin menciptakan lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK agar
dapat mengurangi angka pengangguran di Kota
Jatisrono .
BAGIAN V
Rencana Produksi
A.
Proses
Produksi
Di Bandung tepatnya di Regol jenis usaha
di bidang makanan khususnya kue memiliki peluang yang sangat menjajikan, karena
makanan adalah kebutuhan primer manusia, ditambah lagi dengan banyaknya jumlah
siswa UNPAS dan LANGLANGBUANA sekitar lebih dari 50.000 siswa dan penduduk di Regol
dan sekitarnya. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha pembuatan kue
(gorengan), karena ditunjang dari banyaknya peluang dalam mengembagkan jenis
usaha ini.
B.
Keadaan
Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di gunakan untuk pabrik dalam
perusahaan kami ini terdapat di suatu wilayah tidak jauh dari tempat tinggal
penduduk setempat dan jalan rayakami memiliki satu gudang untuk penyimpanan
bahan baku , dan alat-alat yang di gunakan untuk pembuatan produk,di sini
terdapat juga tempat penyimpanan produk yang telah jadi.
C.
Sumber
Sumber Bahan Baku
Bahan baku yang kami punya sebagian besar kami membeli secara langsung,
namun untuk beberapa bahan yang kami berlangganan seperti telur, pembungkus produk , dan ada beberapa
bahan yang kami pasok sendiri
BAGIAN
VI
Rencana Pemasaran
A. Penetapan Harga
Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang,akhirnya kami tetapkan bahwa harga :
1.
Kue gulung rainbow dengan harga Rp 25.000
2.
Kue brownies dengan
harga Rp 35.000
3.
Kue nastar dengan
harga Rp 25. 000
Dan masih banyak lagi produk kami
yang lain harga tersebut telah kami tetapkan dengan penuh
pertimbangan agar kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan.
B. Pelaksanaan Distribusi
Karena juga berbentuk sebuak toko
atau restorant perusahaan kami tidak memerlukan pendistribusian khusus karena
kebanyakan dari para konsumen biasanya datang langsung ke tempat kami sehingga
kami tidak banyak mengeluarkan tenaga dan biaya
untuk pendistribusian.akan tetapi apabila konsumen menginginkan
pengiriman barang dengan jasa pendistribusian juga,maka kami siap menyediakan jasa
pendistribusian juga.
C. Promosi Yang Akan Dilakukan
Untuk promosi usaha, kami
mengunakan media cetak maupun media elektronik. Namun kami juga dibantu dengan para konsumen yang datang dan merasa puas sehingga
secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami kepada para
konsumen lainnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan terus
bertambah dari waktu ke waktu.
D.
Pengembangan Produk
Untuk perencanaan pengembangan
hasil produk dalam perusahaan ini,kami telah menyusun berbagai cara jitu yang
nantinya akan membuat perusahaan ini berkembang dengan pesat,berkualitas tinggi
dan di segani para konsumen.
BAGIAN VII
Perencanaan Organisasi
A.
Informasi tentang
partner
Dalam sebuah usaha tentunya tidak
dapat berjalan lancar tanpa partner,karena partner adalah salah satu dari
pengembangan pendistribusian dalam usaha tersebut.maka dari itu dalam
perusahaan ini kami mencari partner yang kami anggap cocok,bisa di percaya
untuk pengembangan usaha kami dan tentunya menguntungkan.Partner yang biasa
kami pilih yaitu toko atau restorant lain yang menyediakan menu yang kami
sediakan.Dalam hal ini kami baru mempunyai beberapa partner saja maka dari
itu kami terus berusaha mencari partner yang sebanyak-banyaknya demi kelancaran
pendistribusia kami.
B. Uraian Tentang Jabatan
Masing-masing bagian telah
memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap kegiatan yang telah di tentukan
bersama, berikut uraian susunan kekuasaan perusahan kami:
·
Ketua :
·
Bendahara
·
Penanggung jawab
pemasaran
·
Penanggung jawab alat
alat
C. Latar Belakang Anggota Tim Manajemen
Tenaga kerja adalah suatu
komponen pada unit usaha tertentu yang merupakan penggerak dari seluruh unit
kegiatan karyawan di perusahaan kami datang dari latar belakang pendidikan yang
berbeda-beda,kebanyakan dari karyawan kami memiliki lulusan pendidikan sebagai
sarjana seni kuliner kecuali manajer, manajer kami lulusan pendidikan dengan
gelar sarjana bisnis . Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat
dianjurkan pada semua karyawan demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
Anggota atau karyawan dari
perusahaan ini jelas diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga
kecil kemungkinan terjadi ketidak profesionalan atau kesalahan kerja.Sebagai
menejer tentunya memiliki keahlian yang memadai guna kelancaran dan kemajuan
bisnis suatu perusahaan.
D. Peranan dan Tanggung Jawab
Personalia
Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab
sendiri, yaitu sebagai berikut:
1. Manager berperan dalam memimpin dan memenej para
karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab
atas maju mundurnya perusahaan.
2. Chaf berperan sebagai pembuat menu hyang kami sajikan.
3. Karyawan bertugas untu melayani serta melakukan
promosi demi memajukan usaha.
BAGIAN VIII
Resiko
A.
Evaluasi Tentang Kelemahan Usaha
Dalam sebuah usaha tentunya tidak
selalu terjadi kesuksesan,tetapi ada juga suatu kegagalan.kegagalan-kegagalan
tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam perkembangan perusahaan,maka dari itu
pihak perusahaan harus bisa mengevaluasi dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan
harus menganalisisnya untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi
kelemahan itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang
terjadi dalam perusahaan kami yaitu kurangnya modal yang membuat perkembangan
perusahaan kami sedikit tidak berjalan dengan lancar,selain itu persaingan
antar perusahaan kue di sekitar wilayah itu juga yang menghambat.
B.
Gambaran Tentang Teknologi
Teknologi yang akan kami gunakan
diantaranya adalah :
- Oven
- Mixer
- Blender
- Cetakan
- Loyang
- Kemasan / plastik
pembungkus roti
- Dll
BAGIAN IX
Perencanaan Permodalan
A.
Neraca Permulaan
Perusahaan
ASPEK KEUANGAN / PERMODALAN
FOUR FOOD
1.Sumber Modal
Modal
sendiri
Rp.
25.000.000,00
Modal Kredit
Bank
Rp.
10.000.000,00 +
Rp. 35.000.000,00
2.Modal atau investasi
a. Tanah seluas 20m2
Rp.
5.000.000,00
b. Bangunan Seluas 18 m2
Rp. 10.000.000,00
c. Mesin Pemanggang
kue
Rp. 5.000.000,00
d. Tempat penyimpanan bahan
baku
Rp. 2.000.000,00
e. Tempat penyimpanan produk jadi Rp.
3.000.000,00 +
Rp. 25.000.000,00
3.Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
Listrik
Rp. 3.200.000,00
Mentega
Rp.
60.000,00
Minyak
Rp. 200.000,00
Sewa pengolah
tanah
Rp. 1.800.000,00
Gula
Pasir
Rp. 200.000,00
Tepung
Rp. 600.000,00
Gaji karyawan
Rp.
200.000,00
Gaji Pemilik
Perusahaan Rp. 1.000.000,00
Biaya makan 2
karyawan Rp. 300.000,00 +
Rp. 7.560.000,00
Pajak 2% per bulan
2X 10.000.000 =200.000/Bln
Dalam 6 bulan berarti 200.000 x 6 = Rp.
1.200.000,00
B. Proyeksi Aliran Kas
Pada usaha kami proyeksi
keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk perusahaan/ toko
kami ini, akan mampu menjual sekitar 5400 porsi pertahun, sehingga jika
diambil keuntungan kotor pertahun adalah
sekitar Rp.162.000.000,- pertahun dan keuntungan kotor perbulan
yaitu Rp. 13.500.000,- .Keuntungan bersih dari hasil keuntungan kotor diatas
adalah 162.000.000 – (162.000.000 * 30 %) = 162.000.000 – 48.600.000 =
113.400.000, jadi keuntungan bersih yang akan didapat yaitu Rp 113.400.000,-
pertahun.Apabila pendapatan dari usaha kue kami ini stabil maka dalam 2 atau 3
bulan modal akan kembali.
C. Analisis Titik Impas (BEP)
Untuk menganalisis titik impas
dari produk kami, kami mengambil sampel dari jenis kue dengan. Biaya tetap yang
keluarkan adalah 1.400.000. Biaya
variabelnya sebesar 25.000 rupiah per buah. Kemudian kami berencana menjual
macam-macam kue tersebut dengan harga 30.000 rupiah per buah. Maka titik impas
atau BEP-nya adalah :
BEP =
Total Biaya : Harga jual rata-rata
= 1.400.000 : 30.000
= 46,6
buah
= 47
buah (pembulatan)
Total Per
Hari = BEP : Target penjualan per hari
= 47 : 50
= 0,94/ 1
hari
Sehingga untuk mencapai BEP yang telah ditentukan
kami harus menjual 47 buah selama 1 hari
D. Sumber-sumber permodalan
Dalam usaha kami menggunakan
modal sendiri, kami memilih tidak melakukan pinjaman modal dikarenakan dalam
usaha ini kami memulai dari awal yaitu dari usaha kecil terlebih dahulu.
BAGIAN X
Apendiks
A. Surat Surat
1. SITU
2 2. SIUP
3. IMB
4. NPWP
B.
Data
penelitian pasar
Isi
Hasil
observasi pasar jatisrono yang kami lakukan pada tanggal 31 maret 2017, yaitu
mengumpulkan berbagai data hasil dari wawancara kami terhadap para pedagang
pasar jatisrono, selain itu kami mengamati kondisi pasar yang sedang mengalami
situasi ramai pengunjung. Disana kami juga melakukan wawanca terhadap pedagang.
Dengan demikian, kami dapat mengetahui strategi apa yang harus kita buat pada
saat melayani pelanggan dan antisipasi terhadap para pesaing sehingga kita
dapat mempertahankan kedudukan pasar.
C.
Surat kontrak dan dokumen lainnya
1. Amdal
D.
Daftar
harga dan pemasok barang
Daftar Harga Kue
“FOUR FOOD”
Jenis kue
|
Harga/kue
|
Gulung
rainbow
|
25.000
|
Red Velvet 15cm
|
35.000
|
Chantilly Small
|
25.000
|
Black Forest Small
|
44.000
|
Opera Medium
|
34.000
|
Choco Rain
|
35.000
|
Comments
Post a Comment